Breaking News

Manfaat Dongeng bagi Si Buah Hati yang Jarang Diketahui Para Ibu

Manfaat Dongeng bagi Si Buah Hati yang Jarang Diketahui Para Ibu

Jakarta - Untuk menyiapkan generasi alfa menjadi Anak Unggul Indonesia, DANCOW Advanced Excelnutri+ bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) meluncurkan 'Dongeng Aku Dan Kau' sebagai bentuk kontribusi dalam melestarikan kekayaan budaya Indonesia serta mendukung tumbuh kembang Si Buah Hati dalam menyeimbangkan nutrisinya.

Brand Manager DANCOW Advanced Excelnutri+ Lydia Sahertian mengatakan sebagai mitra terpercaya orang tua Indonesia, pihaknya senantiasa mengajak para orang tua Indonesia untuk berperan aktif dalam proses tumbuh kembang optimal Si Buah Hati dengan memberikan gizi yang seimbang untuk melindungi Si Buah Hati dalam bereksplorasi dan memberikan stimulasi yang tepat sesuai usia pertumbuhan.
"Kita juga mendukung Si Buah Hati dengan berkata 'iya boleh' sebagai bentuk cinta orang tua. Ketiga hal ini akan membantu Si Buah Hati untuk tumbuh menjadi Anak Unggul Indonesia yang memiliki lima karakter penting, yakni berani, cerdas, kreatif, peduli dan pemimpin," ujar Lydia.

Menurut Lydia bentuk stimulasi yang dapat dilakukan orang tua terhadap Si Buah Hati adalah dengan memperkenalkannya kepada 'Dongeng Aku Dan Kau', yaitu 15 dongeng asli Indonesia yang dikemas dalam bentuk menarik dan interaktif sesuai usia pertumbuhan anak.

"Tersedia dongeng untuk tiap usia pertumbuhan, seperti dongeng Burung Cendrawasih untuk usia 1 tahun keatas, dongeng Raja Parakeet untuk usia 3 tahun keatas, serta dongeng Timun Mas untuk usia 5 tahun keatas," terangnya.

Sementara itu, Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak Atas Kesehatan dan Kesejahteraan KPPPA RI, Hendra Jamal menyambut baik kemitraan dengan DANCOW Advanced Excelnutri+ dalam upaya mencari solusi terkait perlindungan dan pemenuhan hak anak Indonesia.

"Setiap anak memiliki hak-hak seperti pendidikan, pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan budaya yang harus dipenuhi oleh setiap elemen masyarakat, terutama oleh keluarga sendiri. Agar tumbuh kembang Si Buah Hati optimal dan kelak menjadi Anak Unggul Indonesia, kami percaya peran orang tua begitu penting untuk berperan aktif dan berinisiatif dalam melakukan aktivitas yang kreatif dan imajinatif bersama Si Buah Hati, agar kelak menjadi Anak Unggul Indonesia," ujar Hendra.
Hal ini pun turut mendapat komentar positif dari Peneliti dan Pakar Dongeng Anak, Dr. Murti Bunanta SS.,MAyang mengatakan setiap dongeng yang disampaikan oleh orang tua tidak hanya berperan dalam mendukung stimulasi anak tapi memiliki banyak manfaat, salah satunya mengembangkan daya imajinasi.
"Adanya semangat mendongeng dan memperkenalkan cerita Nusantara yang melibatkan peran orang tua adalah hal positif yang patut diapresiasi. Sepatutnya, cerita rakyat juga dapat membantu mempererat hubungan orang tua dengan anak sambil menanamkan nilai-nilai moral yang positif bagi pembentukan karakter Anak Unggul Indonesia ke depannya," jelas Murti.

Psikologis Klinis, dra. Ratih Ibrahim, M.M., juga mengatakan mendongeng adalah sebuah proses stimulasi yang menyenangkan bagi Si Buah Hati, dan bermanfaat untuk mengembangkan daya imajinasi, kemampuan bahasa dan ekspresi emosi secara lebih baik.

"Membacakan 'Dongeng Aku Dan Kau' juga dapat membantu mempererat hubungan orang tua dengan anak sambil menanamkan nilai-nilai moral yang positif bagi pembentukan karakter Anak Unggul Indonesia ke depannya," ujar Ratih
Dongeng Aku Dan Kau juga diyakini dapat melestarikan dongeng asli dan nilai-nilai warisan budaya Indonesia. Karena itu, DANCOW Advanced Excelnutri+ juga berkolaborasi dengan DAMN! I Love Indonesia, sebuah brand lokal yang berupaya menginspirasi generasi muda Indonesia agar semakin mencintai nilai dan sejarah Indonesia, dengan meluncurkan kaos bertema karakter dari dongeng Timun Mas.
"DAMN! I Love Indonesia hadir dengan semangat untuk memperkenalkan Indonesia dengan cara yang revolusioner. Saat ini DAMN berkolaborasi dengan DANCOW Advanced Excelnutri+ untuk menyampaikan kearifan lokal dalam dongeng anak dengan media baru. Nilai keberanian dan pantang menyerah dalam dongeng Timun Mas disampaikan melalui ilustrasi dan karakter dalam koleksi kolaborasi ini," ujar Chief Executive Officer DAMN! I Love Indonesia Daniel Mananta. 


Tidak ada komentar