Breaking News

Langka! 7 Sindrom Aneh dan Mengerikan yang Hanya Dialami Beberapa Manusia!

1.     Alien Hand Syndrome

Langka! 7 Sindrom Aneh dan Mengerikan yang Hanya Dialami Beberapa Manusia!


Untuk sindrom yang selanjutnya adalah “Alien Hand Syndrome”. Pastinya gangguan mental ini berhubungan dengan tangan, ya, sesuai namanya. Nah, penderita sindrom ini memiliki masalah dalam mengontrol tangannya sendiri. Kebayang gak sih tangan ngelakuin hal yang tidak diinginkan? Ngeri, ya? Nah, sama halnya dengan penderita sindrom ini, mereka terkadang mencekik diri mereka sendiri bahkan orang lain, merobek pakaian, atau juga menggaruk kulit sendiri sampai berdarah. Nah, biasanya, untuk mengatasi hal yang tidak diinginkan tersebut, mereka menyibukkan tangannya untuk melakukan sesuatu. Sindrom ini sering menyerang mereka yang mempunyai penyakit Alzheimer, Creutzfeldt-Jakob, atau yang pernah melakukan operasi otak. Sayangnya, belum ada obat untuk menyembuhkan sindrom ini.



2.     Alice in Wonderland Syndrom

Langka! 7 Sindrom Aneh dan Mengerikan yang Hanya Dialami Beberapa Manusia!
 
Pernah nonton film fantasi “Alice in Wonderland”, Seru kan, ya? Di filmnya itu menceritakan tentang pengalaman tokoh utamanya yang bernama Alice yang berpetualang ke dunia dimana keadaan sekitarnya mempunyai ukuran lebih kecil dari dirinya sendiri. Eitss, tapi tunggu dulu, di sini saya gak akan bahas film “Alice in Wonderland”, ya, tapi sindromnya. Ya, ada loh yang namanya sindrom Alice in Wonderland. Nah, sering juga disebut dengan Todd Syndrome, kelainan ini membuat si penderita merasakan hal yang layaknya dialami tokoh Alice di filmnya. Penderita sindrom ini merasa lingkungan di sekitarnya tampak lebih besar atau lebih kecil dari aslinya. Selain itu, mereka juga akan mengalami keanehan dalam mendengarkan sebuah suara. Suara yang ditangkapnya biasanya akan lebih kencang atau pun lebih pelan dari suara aslinya. Serem ya? Untungnya, kasus sindrom ini sangat jarang. Biasanya sindrom ini menyerang orang yang berusia kisaran 20 tahun yang memiliki penyakit tumor otak atau juga pecandu narkoba.
 
 
 
3.     Apotemnophilia

Langka! 7 Sindrom Aneh dan Mengerikan yang Hanya Dialami Beberapa Manusia!
 
Sindrom yang selanjutnya adalah Apotemnophilia.Ini nih yang serem banget. Jadi, sindrom ini adalah gangguan neurologis dimana penderitanya memiliki keinginan yang kuat untuk mengamputasi bagian tubuhnya nih, gimana? Serem, kan? Sindrom ini juga dikenal sebagai Body Integrity Disorder atau juga Amputee Identity Disorder. Nah, biasanya mereka meminta dokter untuk mengamputasi bagian tubuhnya tersebut. Dikarenakan dokter gak mungkin menurutinya, mereka memiliki keinginan besar untuk mengamputasinya sendiri. Wah, kalau benar-benar sampai dilakuin, bisa berabe, ya kan? Dengan keadaan seperti itu, dalam sebagian kasus, dokter akhirnya menuruti keinginan si pasien. Hasilnya, mereka sangat senang dengan hasil yang didapat alias mendapati bagian tubuh yang tidak diinginkannya diamputasi.
 
 
 
4.     Boanthropy

Langka! 7 Sindrom Aneh dan Mengerikan yang Hanya Dialami Beberapa Manusia! 
yang selanjutnya adalah kelainan mental yang bernama Boanthropy. Tahu gak mereka ngerasa jadi apa? Yups, sapi. Iya, serius, mereka yang menderita kelainan ini merasa dirinya sendiri adalah seekor sapi. Yang lebih parah  nih, ya, Gan, ada beberapa kasus yang menyatakan bahwa sebagian dari mereka ditemukan sedang berada di ladang rumput bersama sekelompok sapi, berjalan layaknya sapi, dan mengunyah rumput. Parah ya? Nah, mereka yang memiliki gangguan tersebut nampaknya tidak menyadari apa yang sedang mereka lakukan (bertingkah seperti sapi). Para peneliti meyakini bahwa kelainan ini disebabkan oleh mimpi alias ketidaksadaran atau juga berada di bawah pengaruh hipnotis.
 
 
5.     Clinical Lycanthropy

Langka! 7 Sindrom Aneh dan Mengerikan yang Hanya Dialami Beberapa Manusia!
 
Nah, kalau kelainan mental yang ini hampir mirip dengan yang sebelumnya nih yaitu Boanthropy, Clinical Lycanthropy juga merasa bahwa diri mereka adalah hewan, khususnya serigala, meskipun dalam kasus lain bisa saja hewan lain. Bersamaan dengan munculnya keyakinan bahwa mereka adalah serigala, mereka pun mulai bertindak layaknya serigala. Terkadang mereka ditemukan sedang bersembunyi di dalam hutan atau daerah lain yang memiliki banyak pohon. Ada-ada aja ya.
 
 
6.     Foreign Accent Syndrome
 
Langka! 7 Sindrom Aneh dan Mengerikan yang Hanya Dialami Beberapa Manusia!
 
Tak kalah aneh, sindrom yang selanjutnya ada kaitannya dengan proses berbicara si penderita. Foreign Accent Syndrome yang mana jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah “Sindrom Aksen (logat berbicara) Orang Asing”. Sebagai contoh untuk sindrom ini nih, misalkan lahir, dibesarkan, dan tinggal di Jakarta nih. Pastinya, logat bicara khas anak Jakarta lah ya. Suatu hari, pingsan nih, dan bangun-bangun bicara dengan logat orang Medan. Aneh kan, ya? Jadi, sindrom ini adalah gangguan bicara yang disebabkan dari kerusakan pada bagian otak yang bertanggung jawab untuk mengoordinasikan proses untuk berbicara. Kelainan seperti ini bisa diakibatkan dari serangan stroke atau cedera pada otak. Beberapa kasus penderita Foreign Accent Syndrome yang berhasil tercatat oleh para peneliti adalah aksen Jepang ke Korea, British ke Prancis, Amerika ke British, dan Spanyol ke Hongaria. 
 
 
 7.     Cotard Delusion
 
Langka! 7 Sindrom Aneh dan Mengerikan yang Hanya Dialami Beberapa Manusia!
 
Untuk gangguan mental yang selanjutnya bernama Cotard Delusion. Sindrom yang ini serem banget, gimana enggak, penderita yang mengalami sindrom ini merasa bahwa mereka adalah mayat hidup. Mereka juga merasa bahwa diri mereka adalah hantu dan percaya bahwa tubuh mereka telah membusuk dan / atau kehilangan semua darah dan organ dalamnya. Tentunya, perasaan seperti itu hanya khayalan si penderitanya saja, dan sudah jelas ya, mereka yang menderita gangguan ini mengalami depresi berat. Dalam beberapa kasus, khayalan tersebut menyebabkan si penderitanya tidak mau makan dan akhirnya kelaparan, lalu meninggal. Sindrom yang sangat mengerikan ini pertama kali dijelaskan oleh ahli saraf bernama Jules Cotard pada tahun 1880. Untungnya, Delusi Cotard terbukti sangat jarang terjadi. Kasus Cotard Delusion yang terkenal adalah kasus yang terjadi di Haiti, di mana terdapat seorang pria yang benar-benar meyakini bahwa dia telah meninggal karena AIDS dan sedang berada di Neraka. Ngeri banget ya?

Tidak ada komentar