Breaking News

Tempat Ini Memiliki Nama yang Sulit Diucapkan, Bikin Lidah Belibet!

Biasanya jika kita pergi ke suatu tempat yang baru dikunjungi rasanya akan sulit untuk menghafal nama tempat tersebut. Kalau namanya terdiri dari satu atau dua suku kata sih oke ya masih bisa dihafal. Tapi kalau namanya panjang banget dalam satu suku kata, ya mohon maaf aja sih.

Penasaran nggak sih, ternyata ada lho beberapa tempat di beberapa negara yang memiliki nama terpanjang di dunia. Jangankan buat menghafal, buat mengejanya aja dijamin sulit.



1. Äteritsiputeritsipuolilautatsijänkä, Finlandia

Tempat Ini Memiliki Nama yang Sulit Diucapkan, Bikin Lidah Belibet!

Nama tempat ini terdiri dari 35 huruf dan merupakan tempat dengan nama yang terpanjang di Finlandia sekaligus terpanjang ketiga di Eropa. Ã„teritsiputeritsipuolilautatsijänkä merupakan sebuah nama tempat di Laplandia, Finlandia. Dan kabarnya nama ini bukan berasal dari Bahasa Finlandia dan nggak memiliki makna apapun Gan Sis. Gimana nih, cukup sulit nggak buat mengeja Äteritsiputeritsipuolilautatsijänkä ini?

Azpilicuetagaraycosaroyarenberecolarrea, Spanyol

Tempat ini dinobatkan sebagai nama tempat terpanjang kelima di seluruh dunia, dan terpanjang kedua di Eropa. Azpilicuetagaraycosaroyarenberecolarrea terdiri dari 39 huruf. Nama ini konon diambil dari Bahasa Bosque yang telah diterjemahkan dalam Bahasa Inggris yang memiliki arti “daratan rendah di Azpilkueta”.



2. Tweebuffelsmeteenskootmorsdoodgeskietfontein, Afrika Selatan

Tempat Ini Memiliki Nama yang Sulit Diucapkan, Bikin Lidah Belibet!

Tweebuffelsmeteenskootmorsdoodgeskietfontein merupakan nama sebuah lahan pertanian yang terletak di sebuah provinsi bagian barat daya Afrika Selatan, kurang lebih sekitar 200 km di sebelah Pretoria. Nama tempat ini berasal dari  Bahasa Afrika yang artinya “dua kerbau yang dibunuh dengan satu tembakan pada musim semi”. Kabarnya sih  Tweebuffelsmeteenskootmorsdoodgeskietfontein diambil dari kombinasi tiga bahasa termasuk Jerman, Afrika, dan Belanda. Nama tempat yang terdiri dari 44 karakter ini dianggap sebagai nama tempat terpanjang di Afrika Selatan. Asli bikin keblibet lidah nih bacanya.



3. Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg, Amerika Serikat

Tempat Ini Memiliki Nama yang Sulit Diucapkan, Bikin Lidah Belibet!

Kalau yang satu ini merupakan nama danau yang berada di Webster, Massachusetts, Amerika Serikat. Singkatnya, Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg disebut sebagai Danau Webster. Nama yang panjang ini diambil dari Nipmuc yang merupakan Bahasa Algonquian yang memiliki arti sebagai “pemancingan yang ada di perbatasan area netral”. Danau ini memang terletak di dekat perbatasan dua negara bagian, yaitu Massachusets dengan Connecticut. Nama tempat yang terdiri dari 45 huruf ini diyakini sebagai nama tempat yang terpanjang di Amerika Serikat. Duh susahnya!



4. Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch, Wales

Tempat Ini Memiliki Nama yang Sulit Diucapkan, Bikin Lidah Belibet!

Tempat ini merupakan sebuah desa di Wales yang bisa Agan Sista temukan di Kepulauan Anglesey. Awalnya, tempat ini bernama Llanfair Pwllgwyngyll  sebelum akhirnya diubah menjadi Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch  pada tahun 1860-an. Pergantian nama ini tujuannya adalah untuk menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang, dan memang berhasil Gan Sis. Nama tempat ini dinobatkan sebagai nama tempat terpanjang di Inggris dan di Eropa serta nama nama tempat terpanjang kedua di dunia. Yaiyalah. Saking panjangnya, Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch sering disingkat sebagai Llanfairpwll atau Llanfair PG, ckck kalau bisa dipermudah kenapa harus dipersulit sih?



5. Taumatawhakatangihangakoauauotamateaturipukakapikimaunghoronukupokaiwhenuakitanatahu, Selandia Baru

Tempat Ini Memiliki Nama yang Sulit Diucapkan, Bikin Lidah Belibet!

Gila susah banget bacanya, apalagi kalau harus dihafalin. Penyiksaan sih kalau disuruh ngehafalin nama tempat ini. Tempat yang memiliki nama terpanjang di dunia ini merupakan sebuah bukit yang nggak jauh dari Teluk Hawke selatan di Selandia Baru. Bukit ini memiliki tinggi 305 meter dan sangat terkenal dengan namanya yang super panjang. Agar lebih singkat, orang-orang biasanya menyingkatnya menjadi Taumata agar lebih mudah juga dalam pelafalannya. Tempat yang namanya terdiri dari 85 karakter ini jika diterjemahkan memiliki arti “Tempat Tamatea, seorang pria berlutut besar, pendaki, penjajah yang berpergian, dan memainkan seruling yang ia miliki untuk orang-orang yang dicintai.” Hadeh artinya aja juga panjang ya.








Tidak ada komentar